Karnaval Kebangsaan Dan Kebudayaan Desa Rembul

Karnaval Kebangsaan Dan Kebudayaan  Desa Rembul

Warga Desa Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang  menggelar karnaval Agustusan, Sabtu, (24/8/2019).

Beragam kreasi ditampilkan pada perhelatan Kegiatan ini untuk memeriahkan hari kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia dan diikuti Sekitar 2000 peserta dari 22 RT dan 2 RW di Desa Rembul.

Mulai dari kostum yang menggunakan koran, plastik, ogoh-ogoh, pakaian adat dan lain sebagainya.

Arak-arakan yang dimulai pukul 13.00 dan Start Di Depan Balai Desa Rembul itu membuat masyarakat serta pengguna jalan terhibur Walaupun cuaca panas terik, semua peserta dari anak-anak hingga orang tua antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Karnaval merupakan salah satu rangkaian untuk memeriahkan HUT ke-74 RI,” kata Sudaryanto ketua Panitia Peringatan hari Besar Nasional Desa Rembul Tahun 2019

Kegiatan itu, ucap dia, diharapkan bisa meningkatkan kebersamaan masyarakat Desa Rembul Selain itu juga, untuk menjaga budaya dan kearifan lokal, Oleh karena itu tema yang diambil dalam karnaval ini adalah keberanekaragaman dan kemerdekaan.

“Kostum dari karnaval akan dinilai, Kategori penilaiannya adalah kedisplinan, kreativitas, dan kesesuaian tema.”

“Sedangkan jarak arak-arakan yang ditempuh peserta sekitar 2 Kilometer berkeliling Desa Rembul bahkan Melewati Desa Cibuyur,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang membuat Ogoh” yang lumayan besar mengatakan timnya membutuhkan waktu lima hari membuat kostum tersebut.

“Untuk dana swadaya dari masyarakat mas.”

“Sedangkan bahan-bahan kostum menggunakan bahan-bahan bekas, seperti bambu bekas, dan juga menggunakan ijuk dari pohon aren” ungkapnya

Karnaval ini memang baru pertama kali diadakan setelah sekian lamanya oleh karena itu Semua pihak terlibat dari masyarakat umum sampai budayawan dan pelaku seni. Tujuannya untuk meningkatkan kebersamaan setiap masyarakat karena setiap tahun temanya berbeda-beda dan yang ditampilkan juga tidak pernah sama. (Krisna Aji-Admin Desa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.