Ketahui Derajat Kesehatan Warga Rembul Melalui PIS-PK

Ketahui Derajat Kesehatan Warga Rembul Melalui PIS-PK

Selasa (23/10) Pemerintah Desa Rembul yang dalam Hal ini Diwakili Oleh Sekretaris Desa Rembul Menerima Petugas Kesehatan dari Puskesmas Kalimas untuk Melakukan Pendataan PIS-PK Di Desa Rembul.

Program Indonesia Sehat (PIS) merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Program ini didukung oleh program sektoral lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera. Program Indonesia Sehat selanjutnya menjadi program utama Pembangunan Kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

Pendekatan keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya.

Setelah Dilakukan pendataan, rumah akan dipasangi Stiker sebagai penanda

Eko Budi Suroso A.Md. Kep meminta agar kader kesehatan Desa Rembul ikut berperan aktif dalan kegiatan ini karena petugas kesehatan dari puskesmas kalimas tidak Mengetahui Jalan maupun RT di Desa Rembul ini, sementara yang harus melakukan pendataan harus dari petugas puskesmas “kegiatan ini akan dilaksanakan selama kurun waktu 1 sampai 2 bulan, Dasar utama pelaksanaan pendataan ini adalah ingin mengetahui derajat kesehatan Desa Rembul yang nantinya akan diketahui setelah kegiatan ini, yang kedua pis-pk sangat Penting dalam rangka perencanaan pembangunan kesehatan Desa Rembul” Ujarnya

Beliau pun Menambahkan Desa harus menindaklanjuti kegiatan pis-pk yang telah dilaksanakan (Krisna Aji-Admin Desa)

http://www.depkes.go.id/article/view/17070700004/program-indonesia-sehat-dengan-pendekatan-keluarga.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.